logo blogger indonesia

My Name Is Ariawan
Powered By Blogger

Senin, 08 Oktober 2012

Dokter Terhebat Di AS



Mehmet C Oz, Ia merupakan dokter bedah paling popular di Amerika Serikat (AS). Kiprah gemilang Oz sebagai ahli bedah jantung di AS diakui Majalah New York. Sejak 1996, nama Oz selalu bertengger dalam jajaran Top Doctor di Majalah New York. Pada tahun 2008, ia dinobatkan sebagai 100 tokoh berpegaruh di dunia versi majalah Times. Oz adalah guru besar Ilmu Bedah Jantung pada Columbia University. Dia Juga tercatat memimpin Heart Assist Device Program.

Minatnya pada dunia kedokteran terutama jantung telah tumbuh sejak belia. Alkisah, pada suatu liburan di Turki, Oz yang kala itu berusia 9 tahun menemukan sebuah majalah yang memuat artikel tentang 12 orang yang mendapatkan transplasi jantung. Artikel tersebut berhasil membetot perhatian Oz kecil. Hingga akhirnya, dia memutuskan menjadi seorang ahli beda jantung seperti ayahnya. Setelah lulus dari Universitas Harvard pada tahun 1982, Oz melanjutkan studinya di jurusan kedokteran Univeristas Pennsylvania di mana dia meraih gelar MD dan MBA.

Mehmet Oz nama yang mengingatkan kita pada kehebatan Sultan Mehmet II dari Kerajaan Usmani terlahir pada 12 Juni 1960. Ia merupakan keturunan Turki. Dokter bedah yang dalam setahun sukses melakukan 400 operasi bedah itu lahir di Cleveland, Ohio. Sang ayah juga merupakan ilmuwan terkemuka bernama Profesor Mustafa Oz. Mehmet Oz menimba ilmu pada Tower Hill School di Wilmington, Delaware. Pada tahun 1982, dia menyabet gelar sarjananya dari Harvard University. Empat tahun kemudian, Mehmet meraih gelar MBA dari University of Pennsylvania School of Medicine dan The Wharton School.

Kini, Mehmet adalah seorang guru besar Ilmu Bedah Jantung pada Columbia University. Dia juga tercatat memimpin Heart Assist Device Program. Selain itu, Mehmet merupakan seorang pendiri Complementary Medicine Program di NewYork-Presbyterian Hospital. Salah satu penelitiannya adalah bedah ganti jantung.

Mehmet semakin diakui kiprahnya di bidang ilmu bedah jantung di AS dan dunia setelah mampu menghasilkan 350 artikel orisinil yang dimuat berbagai media bergeng si dunia. Dia pun banyak menulis buku. Sela in itu, dia sukses mengoperasi jantung 400 pasien dalam setahun. Saat ini, Mehmet pun dipercaya menjadi direktur Siga Technologies sebuah perusahaan bioteknologi.

Selain didaulat majalah Timesebagai 100 tokoh berpengaruh dunia, Mehmet pun sempat didapuk sebuah majalah terkemuka lainnya di AS menjadi dokter spesialis bedah jantung nomor wahid di New York. Mehmet paling tidak telah melanjutkan kiprah yang pernah dicatat Al-Zahrawi sebagai seorang dokter bedah Muslim terkemuka di abad ke 10 M.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar